Selamat datang di website resmi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
Anda disini : Beranda - Visi, Misi, Tujuan & Profil Lulusan Program Studi
Visi:
Pada tahun 2025, menjadi Program Studi yang unggul dalam menyiapkan calon tenaga pendidik Bahasa Inggris dan pelaku pariwisata yang beriman dan berkarakter, matang dalam kepribadian, kompeten dan profesional berdasarkan prinsip-prinsip social constructivism
Misi:
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang unggul, beriman dan berkarakter serta adaptif terhadap perkembangan pariwisatadan teknologi informasi.
Mengembangkan penelitian yang bermutu dalam bidang Bahasa Inggris dan pembelajaran Bahasa Inggris.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu untuk menerapkan pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan Bahasa Inggris.
Menjalin kerjasama pada tingkat lokal, regional, dan nasional dalam bidang Bahasa Inggris, pembelajaran Bahasa Inggris, dan pariwisata.
Tujuan:
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendindikan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus menghasilkan;
Calon sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kompetensi pedagogik, professional.
Menghasilkan tenaga pendidik dan peneliti yang berkepribadian luhur, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, bertanggung jawab dan berdedikasi baik dalam kehidupan personal dan social maupun kinerja professional.
Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
Menghasilkan pelaku pariwisata yang handal dan professional.
Sasaran dan Strategi Pencapaian
Sasaran Strategis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Sasaran strategis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan visi dan misi di atas adalah sebagai berikut;
Meningkatkan mutu pembelajaran berbasis pada teori social constructivism
Meningkatkan mutu tenaga pendidik yang professional dan kompeten serta fasilitas pembelajaran yang lengkap.
Meningkatkan jumlah dan mutu publikasi, penelitian dan PKM dosen
Meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat.
Meningkatkan mutu mahasiswa dan lulusan yang dapat terserap dalam dunia kerja
Meningkatkan kerja sama atau kemitraan dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dari Perguruan Tinggi lain (PTS dan PTN) serta instansi lainnya.
Strategi Pencapaian Program Studi
Ada pun strategi yang dikembangkan berdasarkan sasaran yang telah ditentukan untuk Menyusun pengembangan program studi Pendidikan Bahasa Inggris sampai tahun 2025 adalah sebagai berikut:
Strategi Bidang Pendidikan:
Melaksanakan lokakarya pembaharuan kurikulum untuk menganalisis isi dan struktur kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan dunia kerja berdasarkan teori social constructivism
Menetapkan struktur kurikulum KKNI dan Mardeka Belajar dengan total 152 SKS yang terdiri dari tiga kompetensi yaitu;
Kompetensi inti 109 sks (72%)
Kompetensi pendukung 27 sks (18%)
Kompetensi lainnya 8 sks (5%)
Kompetensi wajib pilih 8 sks (5%)
3. Melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris yang berkualitas berdasarkan teori social constructivism yaitu pembelajaran berbasis aplikasi, ICT, sarana prasaran elektronik dan praktek lapangan sehingga mahasiswa dapat menemukan makna dibalik konsep-konsep dan mampraktekannya dalam lingan di sekitarnya.
4. Mendorong dosen untuk meningkatkan kualifikasi Pendidikan (program doctor), seminar, lokakarya, magang dan workshop di Perguruan Tinggi (PT) lain, terlibat dalam asosiasi Program Studi (semua dosen menjadi anggota Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) )
5. Mendorong dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik bersifat mandiri, hibah LPPM maupun Dikti
6. Mendorong dosen untuk giat menulis karya ilmiah untuk dipublikasikan ke jurnal atau media ilmiah baik local, nasional maupun internasional
7. Meningkatkan prestasi akademik mahasiswa (IPK), meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam perlombaan debat Bahasa Inggris dan Pisma
Strategi Bidang Penelitian
Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa sesuai dengan aturan yang berlaku di program studi, fakultas, universitas dan DIKTI
Memberikan mata kuliah yang mendukung kegiatan penelitian
Memperluas kerja sama dengan Lembaga-lembaga pemerintah dan swasta dalam mengembangkan penelitian .
Mendorong dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal yang terakreditasi.
Strategi Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
Mewajibkan kepada setiap dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sekurang-kurangnya sekali dalam satu semester
Mendorong dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa.
Dana untuk pengebdian kepada masyarakat akan disiapkan oleh Yaspar (Yayasan Santu Paulus Ruteng) setiap tahunnya.
Strategi di Bidang Organisasi Kelembagaan
Membentuk Lembaga Penjamin Mutu Tingkat Program Studi
Mengarsipkan data-data kegiatan program studi secara baik dan teratur
Menyiapkan SOP dan Renop program studi sebagai bahan acuan pelaksanaan kegiatan program studi
Melakukan monitoring dan evaluasi secara internal prodi dan internal Lembaga universitas.
Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Strategi Pencapaian berdasarkan SK No. serta statute Universitas Katolik Indonesia. Visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaiannya pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris digambarkan sebagai berikut: