Minggu, 21 Apr 2024
  • Selamat datang di website resmi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Kurikulum

Kata Pengantar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng menyadari bahwa Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai perjalanan dan penyelenggaraan program Studi dari berdirinya (tahun 1997) sampai saat ini. Oleh karena itu, sepantasnya puji dan syukur dilambungkan kehadirat Tuhan sang pemberi dan penyelenggara kehidupan.

Dalam rangka menjamin penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang menjawabi harapan dan kebutuhan masyarakat, dan perubahan status STKIP Santu Paulus Ruteng menjadi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng mendorong program studi untuk menyelaraskan penyelenggaraan Pendidikan sesuai dengan perubahan dan peralihan yang berlaku, maka Program Studi berinsiatif melakukan peninjauan dan penetapan kurikulum dengan membentuk Focused Group Discussion (FGD) yang bertujuan menjaring masukan bagi peningkatan kualitas lulusan Program Studi. Selain itu, Program Studi menetapkan akan dilaksanakan lokarya peninjauan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Peninjauan dan penetepan kurikulum dilaksanakan dalam tiga tahap lokakarya yaitu tahap pertama tanggal 28 dan 29 februari 2020, tahap kedua tanggal 7 dan 8 Mei 2020 dan tahap ketiga tanggal 27-29 Juli 2020 mengindikasikan revisi sejumlah mata kuliah yang relevan dengan target kebutuhan kurikulum para pengguna lulusan pada bidang Pendidikan dan Pariwisata.

Laporan hasil peninjauan dan penetapan kurikulum Pendidikan Bahasa Inggris memuat surat keputusan dan pemberlakuan kurikulum, visi, misi , evaluasi kurikulum dan tracer study, landasan perencangan, pengembangan kurikulum, stadar kompetensi lulusan, bahan kajian, penentuan mata kuliah dan bobot SKS, matriks distribusi mata kuliah, rencana pembelajaran semester dan manajemen serta mekanisme pelaksanaan kurikulum.

stakeholder yaitu para dosen, tenaga kependidikan, pengguna lulusan, alumni, Yayasan, pejabat structural, dan mahasiswa. Oleh karena itu, selaku ketua program studi saya mengucapkan limpah terima kasih atas kerja sama dan sama-sama kerja yang sudah kita buat sehingga menghasilkan sebuah panduan kurikulum program studi Pendidikan Bahasa inggris.

Kami menyadari bahwa laporan hasil peninjauan kurikulum memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, segala kritik dan saran konstruktif sangat kami harapkan.

Ruteng, Desember 2020

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Stanislaus Guna, M.Pd

NIDN: 0816106601

*Detail tentang kurikulum kami tampilkan pada file berikut. Silahkan klik nama file atau pilihan “Unduh” untuk mengunduh

KELUAR