Minggu, 03 Jul 2022
  • Selamat datang di website resmi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Sejarah Program Studi

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan Program Studi kedua tertua yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Indonesia St. Paulus Ruteng. Sejarah berdirinya UNIKA St. Paulus Ruteng bermula pada kesadaran seorang misionaris Belanda Pater Yan Van Roosmalen, SVD (almarhum) akan pentingnya Pendidikan bagi anak-anak Nuca lale (Nama untuk Manggarai). Pada awalnya Pater Roosmalen mengumpulkan anak-anak muda yang berminat untuk menjadi katekis (agen pastoral dan guru agama) dan memberikan Kursus kepada mereka. Dalam perkembangannya kursus tersebut dijadikan sebuah Lembaga resmi yang bernama KPK (Kursus Kateketik dan Kursus Pendidikan Kateketik).

Pada tahun 1969 melalui Surat Keputusan No.179/D.P.T./1969 KPK berubah nama menjadi APK (Akademik Pendidikan Kateketik). Selanjutnya APK ini berubah lagi menjadi STKIP St. Paulus Ruteng berdasarkan Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor 0360/0/1996, tertanggal 13 Mei 1986.

Setahun kemudian STKIP terus mengembangkan dirinya dengan membuka program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat dan seiring dengan perkembangan pariwisata di Flores maka dibangunnya sebuah program studi pendukung yang diberi nama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pada tanggal 12 September 1997 Program Studi tersebut sah berdiri berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 365/DIKTI/1997. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah melakukan Akreditasi sebanyak tiga kali. Pada tahun 2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan Akreditasi dengan nomor 2712/SK/BAN-PT/Ak-PNB/s/VII/2019, terakreditasi ‘B’.

Program Studi tersebut terus membenah diri dan mengembangkan pelayanan untuk menyiapkan calon tenaga pendidik Bahasa Inggris dan calon pelaku pariwisata yang kompoten dan profesional. Untuk mendukung hal tersebut program studi menyiapkan sebanyak 16 dosen sebagai tenaga pengajar yang terdiri dari tiga dosen strata 3 (doctor), 4 dosen yang sedang menempuh Pendidikan S3 dan 9 dosen strata 2 (magister). Selain itu ada 2 orang tenaga kependidikan yang bertugas untuk membantu mengurus administrasi pendidikan. Administrasi pendidikan di Program studi pendidikan Bahasa Inggris telah menggunakan sistem SIAKAT yang disiapkan oleh Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

Kedepannya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris akan melakukan pengembangan-pengembangan yang meliputi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), membangun jaringan kemitraan dalam Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, membangun jejaring dengan sekolah-sekolah mitra, membangun jejaring dengan semua stakeholder secara khusus yang bergerak di bidang industri pariwisata untuk meningkatkan keterampilan minor mahasiswa, dan menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk mendukung visi dan misi program studi. Untuk mewujudkannya, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merujuk pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 dan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012.

KELUAR